1. Yossy Girsang
  2. Lanjutan
  3. Pahami Laporan Keuangan sebelum membeli saham perusahaan

Artikel

9Mar 2017

Pahami Laporan Keuangan sebelum membeli saham perusahaan

Financial-Statement-Assignment-Help

Sebelum memutuskan untuk memilih saham mana yang akan Anda pilih, maka Anda harus mengenali perusahaan tersebut apakah management perusahaan mengelola dengan baik atau tidak.

Lewat apa? Salah satu yang wajib dilakukan oleh Investor adalah membaca Laporan Keuangan perusahaan.

Apa itu Laporan Keuangan?

Dari namanya saja, saya kira definisi sudah jelas yaitu catatan informasi keuangan suatu perusahaan pada suatu periode.

Tujuannya untuk memberikan informasi mengenai posisi keuangan, kinerja keuangan dan arus kas yang bermanfaat bagi sebagian besar kalangan pengguna laporan terutama para Investor, jadi bisa juga sebagai bentuk pertanggungjawaban manajemen atas penggunaan sumber daya yang dipercayakan oleh Investor kepada mereka.

Perusahaan terbuka yang tercatat di Bursa Efek Indonesia diharuskan untuk mengumumkan Laporan Keuangannya setiap 3 bulan sekali atau per kuartal.

Darimana Anda bisa peroleh Laporan Keuangan tersebut?

Dari website Bursa Efek Indonesia, linknya sudah saya berikan di bagian INFO di website ini atau untuk mudahnya klik saja:

http://www.idx.co.id/id-id/beranda/perusahaantercatat/laporankeuangandantahunan.aspx

Anda tinggal memasukkan nama perusahaan atau kode perusahaan di kolom “Masukkan Kode”, pilih tahun dan periode, langsung klik tombol CARI… dapat deh Laporan Keuangan perusahaan yang Anda inginkan dalam bentuk pdf file. Anda tinggal buka, dan bisa disimpan juga di komputer Anda.

 

Di dalam Laporan keuangan terdapat 3 hal utama yang perlu Anda perhatikan:

1. Neraca

2. Laba Rugi

3. Arus Kas

Sebenarnya konsep Laporan Keuangan ini sudah diajarkan pada waktu dulu kita duduk di bangku SMA yaitu pelajaran akuntansi. Namun kalau Anda sudah lupa, saya sarankan belilah buku di toko buku atau baca di internet mengenai cara membaca Laporan Keuangan, sudah banyak kok versi mudahnya.

Sedikit memberikan gambaran:

Neraca atau laporan posisi keuangan ( balance sheet atau statement of financial position)  terdiri dari tiga unsur, yaitu aset, liabilitas, dan ekuitas yang dihubungkan dengan persamaan akuntansi berikut:

  • aset = liabilitas + ekuitas

Informasi yang dapat disajikan di neraca antara lain posisi sumber kekayaan entitas dan sumber pembiayaan untuk memperoleh kekayaan entitas tersebut dalam suatu periode akuntansi (triwulanan, caturwulanan, atau tahunan)

Laporan laba rugi ( Income Statement atau Profit and Loss Statement) menjabarkan unsur-unsur pendapatan dan beban perusahaan sehingga menghasilkan suatu laba (atau rugi) bersih

Laporan arus kas ( cash flow statement atau statement of cash flows) menunjukkan aliran masuk dan keluar uang (kas) perusahaan