1. Yossy Girsang
  2. Lanjutan
  3. Yuk buka account investasi!

Artikel

9Jun 2016

Yuk buka account investasi!

Investor saham tidak perlu langsung datang ke Bursa Efek Indonesia (BEI) bila hendak membeli saham perusahaan. Anda akan dibantu oleh jasa perantara yang sering disebut sebagai pialang atau perusahaan sekuritas.

Ada banyak pialang yang beroperasi di BEI dan mereka memiliki sertifikat resmi dari BEI sekaligus menjadi anggota BEI. Sehingga, jika saat ini Anda berada di luar daerah Jakarta bahkan di daerah terpencil sekalipun, Anda tetap dapat menelepon pialang anda untuk melakukan jual beli saham Anda. Tentunya ada fee/ongkos yang dikenakan untuk jasa perantara ini yang nilainya berkisar dibawah 1% dari setiap transaksi Anda.

Nantinya bila Anda hendak menjual saham yang Anda miliki ke investor lainnya, maka transaksi tersebut juga dilakukan di BEI yang dibantu oleh pialang masing-masing investor.

Ada banyak perusahaan sekuritas di BEI dan biasanya mereka memiliki kantor cabang di beberapa daerah terutama ibukota propinsi misalnya di Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan, Yogya, Balikpapan, Banjarmasin dll. Untuk mendapatkan informasi detail, cukup mudah, anda tinggal searching di google. Saran saya pilihlah sekuritas yang swasta yang memiliki cabang di berbagai daerah ataupun sekuritas BUMN (Badan Usaha Milik Negara).

Setelah Anda mendapatkan alamat kantor cabang perusahaan sekuritas itu di kota atau yang dekat dengan tempat tinggal Anda maka segeralah menuju ke sana dengan membawa sejumlah uang.

Beberapa perusahaan sekuritas saat ini memberikan syarat sebagai berikut:

KTP
NPWP
Fotocopy hal depan buku tabungan
Dana awal 5-10 juta rupiah tergantung syarat dari perusahaan sekuritasnya.
Setelah itu account Anda akan aktif kurang lebih 1-2 minggu setelah registrasi dan Anda akan memperoleh kartu Akses (Acuan Kepemilikan Sekuritas) dari KSEI (Kustodian Sentral Efek Indonesia) sebagai bukti bahwa account Anda sudah terdaftar dan bisa bertransaksi di BEI.

KSEI adalah lembaga di pasar modal Indonesia yang bertugas melayani proses transaksi (jual beli) & administrasi untuk saham dan surat berharga lainnya.