1. Yossy Girsang
  2. Pemula
  3. Rahasia Kekuatan Investasi

Artikel

9Jun 2016

Rahasia Kekuatan Investasi

Pernahkah Anda mendengar istilah bunga majemuk (compounding interest) ?

Bunga majemuk adalah rahasia kekuatan dari Investasi saham dalam jangka panjang, sekali lagi hanya untuk dalam jangka panjang bukan dalam jangka pendek.

Jangka panjang yang saya maksud di sini adalah jangka tahunan, seperti 5, 10, 15, 20, 30, 40, 50 tahun.

Bahkan fisikiawan legendaris dunia, Albert Einstein pernah mengatakan bahwa Keajaiban dunia ke-8 adalah konsep bunga majemuk ini.

Penjelasan sederhananya adalah sebagai berikut:

Misalkan Anda berinvestasi di saham dengan imbal hasil (return) sebesar 20% per tahun.

Modal awal Anda di awal tahun pertama adalah Rp. 1 juta, lalu di akhir tahun pertama Anda memperoleh return 20% x Rp. 1 juta = Rp. 200,000,- Sehingga di awal tahun ke-2 modal Anda bukan lagi hanya Rp 1 juta tetapi telah menjadi Rp 1.2 juta yaitu modal awal ditambah imbal hasil tahun pertama.

Ketika di akhir tahun ke-2, Anda kembali memperoleh return = 20% x Rp. 1.2 juta = Rp. 240,000,- Sehingga di awal tahun ke-3 modal Anda menjadi = Rp. 1.2 juta + Rp. 240,000 = Rp 1.44 juta.

Lalu di akhir tahun ke-3, Anda kembali memperoleh return = 20% x Rp. 1.44 juta = Rp. 288,000,-. Dan modal Anda di awal tahun ke-4 menjadi = Rp 1.44 juta + Rp. 288,000 = Rp 1.728 juta.

Demikian seterusnya.

Bila hingga 50 tahun akan menjadi seperti table berikut:

Dengan kata lain, modal yang Anda miliki akan terus bertumbuh tanpa harus menyetorkan dana tambahan. Namun jika Anda memilih untuk menyetor dana tambahan secara berkala (misalnya per tahun) ke dalam modal yang bertumbuh secara otomatis ini, setelah beberapa waktu, hasilnya bisa sangat menakjubkan.

Bunga majemuk membuat uang Anda bekerja secara rajin untuk Anda sesuai dengan prinsip investasi yaitu money works for you, dengan terus menerus berkembang biak tanpa perlu anda pusing menyiapkan makanannya maupun pasangannya.

Bagaimana jika dana investasi Anda lebih besar? Berikut table bunga majemuk yang bisa digunakan:

Luar biasa bukan?

Syarat agar Anda bisa menikmati bunga majemuk adalah:

Uang untuk investasi sebaiknya berasal dari dana yang tidak akan Anda gunakan dalam jangka waktu panjang.
Jangan pergunakan pinjaman, karena pinjaman akan mengharuskan Anda membayar bunga.
Dividen atau laba bersih yang dibagi perusahaan sebaiknya dibelikan saham lagi.