1. Yossy Girsang
  2. Pemula
  3. Harga dan kode saham?

Artikel

9Jun 2016

Harga dan kode saham?

Selamat siang Pak Yossy, salam kenal saya salah satu follower Bapak di twitter @yossygirsang dan selalu memperhatikan setiap postingan yang Bapak sampaikan di twitter Bapak.

Saya sering mengamati di stasiun TV yang membahas tentang saham, tapi masih bingung dengan istilah istilah yang digunakan seperti IHSG, kemudian ada angka dalam ratusan, ribuan dan kode kode 4 huruf seperti ASRI, ITMG, AALI dalam bentuk text berjalan di bagian bawah layar TV. Itu semua apa ya Pak? Maaf Pak kalau pertanyaan nya terlalu dasar, maklum saya hanya seorang ibu rumah tangga yang saat ini sedang berpikir gimana caranya memutar uang dari gaji bulanan suami saya untuk diinvestasikan dalam saham seperti yang selalu Pak Yossy sampaikan di twitter. Mohon penjelasannya.

Ratih, Semarang

Jawaban:

Salam kenal juga bu Ratih, terima kasih untuk emailnya. Senang sekali postingan saya bisa berguna dan memancing keingintahuan Ibu mengenai Investasi Saham.

Oke bu saya coba jelaskan secara sederhana ya, IHSG adalah singkatan dari Indeks Harga Saham Gabungan, yang mewakili pergerakan harga dari semua saham yang terdaftar di BEI (Bursa Efek Indonesia). Apa itu BEI bisa dibaca artikel saya yang berjudul “Apa itu saham?”

Ketika saya membalas email Ibu ini, nilai dari IHSG sekitar 4300. Nah, darimana angka ini muncul? Itu berasal dari pembagian antara nilai seluruh saham yang ada di BEI pada hari ini terhadap nilai seluruh saham yang ada di BEI pada 10 Agustus 1982, yang mana di tahun 1982 pada waktu itu dipatok di angka 100 dengan jumlah saham perusahaan yang ada hanya 13.
Mengapa dibandingkan dengan nilai seluruh saham di BEI pada tanggal 10 Agustus 1982? Itu hanya kesepakatan saja, yang penting angka itu digunakan sebagai pembagi secara konsisten.

Jadi perubahan harga IHSG yang terjadi dari waktu ke waktu menunjukkan perubahan harga rata-rata seluruh saham yang ada di BEI. Misalnya saja IHSG saat ini berada di angka 4300 lalu besok menjadi 4400, ini artinya secara rata-rata saham-saham di BEI telah naik sekitar 2.3% dalam waktu sehari. Tentunya ada saham yang naik, ada yang turun dan ada yang tetap, tetapi karena secara keseluruhan IHSG naik 2.3% itu berarti jumlah saham yang naik lebih banyak dibanding yang turun ataupuan yang tetap.

Nah sekarang bagaimana dengan kode saham?
Kode saham itu diwakili oleh empat huruf, yang mana biasanya keempat huruf ini merupakan singkatan dari nama perusahaan itu. Misalnya seperti yang bu Ratih lihat di TV yaitu ASRI, itu mewakili nama perusahaan Alam Sutera Realty dimana saat ini harga sahamnya sekitar 450, angkanya inilah yang sering ibu lihat disamping huruf ASRI tersebut ketika muncul dalam text berjalan di bagian bawah layar TV.
Jika Ibu mau beli saham ini, maka minimum pembelian adalah 1 lot atau setara dengan 500 lembar saham, sehingga harga total yang harus dibayarkan adalah Rp 450 x 500 = Rp 225.000,-

Kira-kira itu penjelasan yang bisa saya berikan Bu Ratih, semoga membantu ya.
Jangan sungkan-sungkan untuk menghubungi saya lewat twitter @yossygirsang atau fans page saya di http://www.facebook.com/yossygirsangsaham

Salam hangat.