1. Yossy Girsang
  2. Pemula
  3. Gara-gara Jadi Sosialita

Artikel

9Jun 2016

Gara-gara Jadi Sosialita

Sekaya apapun Anda, jika terlalu boros tetap akan jatuh miskin. Kisah Patricia Kluge, bekas miliarder patut jadi pelajaran agar lebih hemat dalam membelanjakan uang.

Patricia merupakan janda dari John Kluge, miliarder dunia berlatar belakang pengusaha media televisi. John diceraikan pada tahun 1990. Dari perceraian itu, Patricia mendapat harta gana-gini senilai sekitar US$ 100 juta. Sebagian harta dijual untuk membeli perkebunan anggur seluas 960 hektare. Perkebunan ini ternyata ditujukan bagi orang-orang kaya yang ingin berpesta anggur.

Bisnis perkebunan anggur menjadi awal kebangkuran Patricia. Mengurus kebun anggur butuh biaya mahal dan jauh dari prakiraan sebelumnya. Melalui bisnis anggur itu, dia terjebak dalam kehidupan sebagai sosialita dan membelanjakan juga uangnya untuk kegiatan peragaan busana.

Gaya hidup ini berbanding terbalik dengan gaya hidup John yang gemar berhemat. Patricia rela menghabiskan jutaan uangnya agar dinikmati sesama kalangan sosialita. Jika uangnya habis, dia rela meminjam di bank.

Tahun 2008, bisnisnya terkena dampak krisis ekonomi dan dililit utang. Dia ternyata ternyata tak mampu menyelamatkan perusahaannya. Akhirnya pada tahun 2011, perusahaannya dinyatakan pailit dengan utang mencapai US$ 47,5 juta.

Patricia lalu menjual kebun anggurnya seharga US$ 500 juta. Pembelinya adalah taipan Donald Trump. Kini, Patricia bekerja di kebun yang pernah dimilikinya itu karena jatuh miskin.

Sumber: http://tribunnews.com