Tips Jadi Kaya untuk Kaum Milenial

Last modified date

Milenial dan generasinya di era kemajuan teknologi dan informasi memiliki banyak peluang untuk menjado sosok yang bebas secara keuangan. Menjadi kaya di usia muda tentu menjadi impian semua orang.

Meski begitu, kerja keras saja juga tidak cukup jika tidak diimbangi dengan sejumlah hal, seperti enggan menabung maupun gaya hidup tinggi.

Berikut tips bagi siapa saja, khususnya milenial untuk mencapai impian menjadi kaya dengan cepat.

Jangan Gunakan Kartu Kredit

Kartu kredit bak ‘jebakan batman’ yang sering disalahgunakan oleh milenial. Tak heran, para milenial sering terjerat utang salah satunya karena tagihan kartu kredit yang macet.

Padahal, kartu kredit bisa dimanfaatkan dengan baik untuk keperluan tertentu atau mendesak. Namun, mereka malah sering menggunakan kartu kredit untuk pengeluaran atau kebutuhan sehari-hari.

Jika terlalu sering menggunakan kartu kredit, kamu bisa terjerat utang yang akan menghambatmu di masa mendatang. Alangkah lebih kamu gunakan kartu kredit untuk hal yang berguna atau dalam keadaan darurat.

Minimalisir Pengeluaran dan Berhemat

Hal lain yang bisa dilakukan adalah meminimalisir pengeluaran. Agar lebih ampuh, kamu bisa menggunakan metode 50/20/30. Metode ini akan membuat kamu untuk menghemat dengan cara mengatur keuangan.

Rinciannya, 50 persen keuanganmu bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, 20 persen untuk ditabung atau investasi. Kemudian, 30 persen bisa kamu jadikan sebagai pengeluaran lain, seperti untuk jalan-jalan atau menonton bioskop.

Selain itu, untuk menjadi cepat kaya, kamu wajib menerapkan sistem hidup hemat. Kurangi kebiasaan yang menguras dompet, misalnya nongkrong di coffee shop atau berbelanja di online shop.

Manfaatkan Promo

Di era serba digital ini, pastinya kamu sudah tidak asing lagi dengan promo. Apalagi, jika promo yang ditawarkan berasal dari suatu brand, online shop, atau e-wallet.

Dari promo tersebut, kamu bisa menghemat pengeluaran. Misalnya, berbelanja di e-commerce dan membayar dengan e-wallet. Kamu bisa memperoleh cashback dalam jumlah yang cukup besar.

Meskipun nominalnya terlihat kecil setiap bertransaksi, setidaknya kamu bisa menghemat keuangan. Dengan cara ini, kamu sudah berhasil meminimalisir pengeluaranmu.

Bisnis Sampingan

Salah satu cara untuk menjadi orang kaya adalah dengan memulai bisnis sampingan. Saat ini banyak orang yang memiliki pekerjaan sampingan untuk menambah penghasilan dari pekerjaan utama. Ada banyak bisnis yang bisa kamu manfaatkan, mulai menjadi reseller atau dropshipper bisnis online hingga membuka bisnis sesuai dengan hobi dan kemampuan.

Misalnya, ketika kamu menyukai belajar, kamu bisa membuka jasa les privat setelah pulang kerja. Atau kamu juga bisa menawarkan jasa fotografer ketika kamu memiliki hobi di bidang fotografi. Pun begitu buat kamu yang memiliki hobi menulis juga bisa mendapatkan pemasukan lain.

Investasi

Sebaiknya, alokasikan dana yang kamu miliki untuk berinvestasi. Kamu bisa memilih instrumen investasi yang paling diminati, seperti investasi emas, saham, reksa dana, atau melalui P2P Lending. Dengan melakukan investasi secara benar-benar, kamu bisa dengan mudah meraup kekayaan dengan lebih mudah.

Bagi kamu yang masih pemula, kamu bisa mulai dengan memilih investasi emas. Namun, pastikan kamu merawat dan menyimpannya dengan benar. Karena tanpa kamu merawatnya, nilai emas itu bisa menurun.

Sedangkan, bagi kamu yang ingin memulai investasi dengan, kamu bisa mulai dengan membuka rekening reksa dana. Dengan memulai investasi reksa dana, kamu bisa mendapatkan keuntungan dengan lebih mudah, cepat, dan aman.

Kamu juga bisa berinvestasi di saham. Namun sebelum mulai investasi saham pastikan kamu sudah mempelajari dulu cara berinvestasi saham yang benar terutama untuk pemula. Investasi saham memang terbukti menjadi salah satu cara cepat kaya. Bahkan kamu bisa mendapat keuntungan lebih dari 20 persen jika berinvestasi dengan strategi yang benar.

Afditya Imam