Cara Menabung Uang 1 Juta Setiap Bulan bagi Pemula

Last modified date

Sebagian orang mengalami kesulitan dalam membiasakan diri untuk menabung. Terlebih bagi para pelajar yang hanya bergantung pada uang saku sekolah. Namun jangan khawatir, ada beberapa tips menabung 1 juta per bulan yang dapat Anda terapkan.

Bagi para pelajar dan mahasiswa, menabung dalam jumlah jutaan per bulan cukup sulit untuk dilakukan. Terlebih jika Anda memiliki uang saku yang terbatas.

Meskipun demikian, Anda tetap dapat melakukannya dengan menerapkan tips menabung 1 juta per bulan di bawah ini.

Menyisihkan Uang Saku
Menyimpan sebagian uang saku merupakan salah satu tips menabung 1 juta per bulan yang pasti diterapkan oleh semua pelajar. Meskipun sulit, cobalah untuk menyisihkan sedikit uang saku tiap minggunya.

Caranya adalah dengan membuat rencana pengeluaran per minggu, mengurangi pembelian barang yang tak terlalu dibutuhkan, kemudian sisihkan antara Rp200 ribu – Rp250 ribu di awal minggu. Lakukan hal serupa pada minggu berikutnya hingga mencapai nominal Rp1 juta.

Mencari Kerja Sampingan
Bekerja sebagai freelance atau part-time menjadi salah satu pekerjaan sampingan yang sangat populer di kalangan mahasiswa. Selain menambah uang saku, pekerjaan sampingan juga dapat mengisi pengalaman kerja di resume Anda.

Contoh pekerjaan part-time yang dapat Anda lakukan adalah menjadi barista, koki, pelayan restoran, atau penjaga kedai franchise. Apabila Anda lebih tertarik untuk menjadi freelancer, cobalah menjadi content writer, editor, atau graphic designer.

Penghasilan bulanan dari pekerjaan sampingan biasanya berkisar Rp700 ribu – Rp1.5 juta. Oleh karena itu, tips menabung 1 juta per bulan yang satu ini sangat menguntungkan apabila Anda pandai membagi waktu.

Pasang Target Menabung
Tips menabung 1 juta per bulan berikutnya adalah dengan memasang target tabungan. Cara ini akan sangat ampuh apabila Anda juga menentukan tujuan dari target tersebut. Misalnya, Anda menargetkan tabungan Rp250 ribu tiap minggunya untuk membayar UKT kuliah.

Untuk memenuhi nominal tersebut, Anda dapat menyisihkan uang saku, bekerja sampingan, atau membuka bisnis sendiri. Target ini tak hanya berfungsi sebagai pengendali pengeluaran, namun juga pemantik semangat untuk terus menabung.

Rajin Mencatat Keuangan
Mencatat keuangan adalah salah satu tips menabung 1 juta per bulan yang seringkali dilupakan. Padahal, catatan berisi pemasukan, pengeluaran, dan anggaran belanja akan mempermudah Anda dalam mengelola keuangan.

Pengelolaan keuangan yang baik akan menghindarkan Anda dari perilaku konsumtif dan boros. Dengan demikian, rencana menabung 1 juta per bulan dapat terealisasikan.

Mengurangi Intensitas Belanja dan Hangout
Belanja atau hangout dengan teman memanglah menyenangkan. Namun, apabila aktivitas ini dilakukan terlalu sering akan menyebabkan pembengkakan pengeluaran sehingga Anda kesulitan untuk menabung.

Namun, bukan berarti Anda harus menghentikan aktivitas tersebut. Jika ingin menabung, Anda bisa mengurangi intensitasnya, misal sekali atau dua kali dalam satu bulan. Selain itu, buat catatan belanja dan bawalah ketika Anda pergi ke swalayan agar tidak mudah goyah membeli barang yang tak dibutuhkan.

Afditya Imam