Cara Menabung 100 Juta dalam Setahun

Last modified date

Menabung sampai 100 juta dalam setahu bisa dilakukan dengan berbagai cara jika kita terus konsisten.

Beberapa cara di bawah ini akan menjelaskan dengan lengkap, bagaimana cara Anda bisa menabung 100 juta dalam setahun.

Kurangi banyak hal yang tidak penting

Selesai mencatat seluruh pengeluaran dan pemasukan yang Anda miliki, Anda bisa mulai scanning¬łapa-apa saja pengeluaran yang seharusnya tidak ada.

Contoh, pengeluaran beli kopi yang terlalu over, belanja online yang tidak perlu. Atau jalan-jalan tanpa tujuan yang jelas, dan berujung menyebabkan impulsive buying.

Coret beberapa pengeluaran, yang tidak lagi penting. Sampai Anda menemukan beberapa hal yang memang dibutuhkan sebagai pengeluaran pokok Anda dalam sebulan.

Mengurangi banyak hal yang tidak penting, tidak hanya soal uang. Namun juga barang-barang di rumah Anda, baju yang terlalu banyak, tas, sepatu, koleksi yang sebenarnya tidak lagi essential.

Barang-barang tersebut bisa dikeluarkan, donasi kan atau di jual. Dengan begitu, rumah jadi lapang, pikiran lebih tenang, membuat Anda juga lebih produktif. Barang yang Anda jual pun keuntungannya bisa untuk menambah tabungan Anda.

Hindari pinjaman online
Keinginan hidup yang tinggi menyebabkan banyak orang menggunakan Pinjol, atau pinjaman online untuk solusi keuangannya saat kepepet. Padahal, cara ini harus dihindari, apalagi bagi anda yang ingin menabung 100 juta dalam sebulan. Pinjol memiliki bunga yang cukup tinggi, bukannya memberikan solusi tapi sebaliknya, malah akan menjebak Anda nantinya.

Nah, jika Perusahaan Anda menggunakan EWA atau Earned Wage Access by Mekari Flex, untuk karyawannya, maka meminimalisir terjebak Pinjaman Online. Karena dengan Earned Wage Access, karyawan mudah dalam mengakses dan menggunakan gajinya lebih awal, jika ada kebutuhan mendesak. Anda hanya tinggal mengakses lewat aplikasi di smartphone. Tidak akan terjebak pinjol lagi, Anda bisa mengatur keuangan lebih fleksibel dan juga mandiri.

Langsung masukan tabungan
Pastinya setelah gajian Anda tergoda untuk belanja ini itu, nah biasakan untuk langsung menabung sesaat setelah menerima gaji. Dengan begini, uang tabungan Anda akan aman. Tempat Anda menabung, tergantung dari tujuan keuangan Anda. Jika untuk dana darurat Anda bisa menabung dalam bentuk liquid.

Atau jika tujuan keuangannya untuk DP rumah, atau usaha, lebih baik letakan di deposito atau reksadana, logam mulia dan lainnya. Agar menghindari inflasi yang tinggi, pilihan mengikuti investasi juga bisa menaikan jumlah uang, loh. Tentunya Anda harus belajar lebih lagi agar bisa memilih investasi dengan tepat.

Mencari uang tambahan
Menabung sebanyak 100 juta tentu bukan hal yang mudah, membutuhkan banyak effort dalam mencapainya, tapi juga bukanlah hal yang mustahil. Dan menambah isi tabungan bukan hanya tentang pengelolaannya saja, menambah income juga bisa jadi solusi.

Tidak perlu melakukan pekerjaan sampingan yang berat, Anda bisa mulai lakukan pekerjaan seperti jualan online melalui dropshipper. Di Mekari.com, Anda bisa menggunakan aplikasi stok barang, agar memudahkan anda dalam pencatatan keluar masuk barang.

Dropshipper menjadi pilihan, untuk Anda yang ingin menambah penghasilan namun tidak memiliki modal untuk menyetok barang. Anda cukup memasarkan foto-foto produk yang dijual, menerima pesanan dan tanpa perlu repot, pihak supplier akan melakukan packing dan mengirim pesanan ke customer Anda.

Komitmen pada tujuan
Saatnya Anda fokus dan juga berkomitmen pada tujuan Anda dalam mencapai tabungan 100 juta dalam sebulan. Dan Anda bisa mulai mengubah kebiasaan-kebiasaan buruk yang Anda lakukan selama ini.

Mulai atur hidup Anda lagi, seperti bangun lebih pagi, masak makanan sendiri, minum lebih banyak air putih dan berolahraga. Dengan begitu, Anda bisa mengubah fokus dari kebiasaan buruk berbelanja dan konsumtif membeli makanan dan minuman, menjadi hidup yang lebih teratur dan sehat.

Afditya Imam