1. Yossy Girsang
  2. Dividen

Dividen

Dividen

Dividen merupakan pembagian laba bersih kepada pemegang saham berdasarkan banyaknya saham yang dimiliki.

Dividen dapat dibagi menjadi empat jenis:

  1. Dividen tunai; metode paling umum untuk pembagian keuntungan. Dibayarkan dalam bentuk tunai dan dikenai pajak pada tahun pengeluarannya.
  2. Dividen saham; cukup umum dilakukan dan dibayarkan dalam bentuk saham tambahan, biasanya dihitung berdasarkan proporsi terhadap jumlah saham yang dimiliki. Contohnya, setiap 100 saham yang dimiliki, dibagikan 5 saham tambahan. Metode ini mirip dengan stock split karena dilakukan dengan cara menambah jumlah saham sambil mengurangi nilai tiap saham sehingga tidak mengubah kapitalisasi pasar.
  3. Dividen properti; dibayarkan dalam bentuk aset. Pembagian dividen dengan cara ini jarang dilakukan.
  4. Dividen interim; dibagikan sebelum tahun buku Perseroan berakhir.

Dalam pengumuman jadwal pembagian dividen, suatu perusahaan pasti mencantumkan keterangan tanggal cum dividen dan ex dividen. Contohnya seperti gambar berikut:

Pengumuman Dividen

Cum date atau tanggal cum dividen merupakan tanggal terakhir bagi investor yang ingin membeli saham tertentu dan berhak untuk mendapatkan dividen perusahaan yang telah diumumkan.

Sementara itu, ex date atau tanggal ex dividen merupakan hari pertama dimana pemegang saham tidak berhak lagi mendapatkan dividen dari suatu perusahaan.

Jadi untuk contoh pengumuan dividen dari PT Indofood di atas:

Setiap investor yang memiliki saham INDF (Indofood) hingga 10 Juni 2016 atau membeli saham INDF pada 10 Juni 2016 (tanggal cum dividen), maka Investor tersebut berhak mendapatkan dividen senilai Rp. 168 per saham, yang akan dibayarkan nantinya tanggal 28 Juni 2016.

Sementara itu, jika ada Investor yang baru membeli sahamnya pada 13 Juni 2016 (tanggal ex dividen), maka Investor tersebut tidak berhak lagi mendapatkan dividen.