1. Yossy Girsang
  2. Pemula
  3. CEO dengan Aset Rp 3.900 Triliun

Artikel

9Jun 2016

CEO dengan Aset Rp 3.900 Triliun

Kalau kebetulan naik angkutan umum di Singapura, jangan heran kalau bertemu beliau, Lim Siong Guan. Dulu Lim adalah pejabat pemerintahan di era Lee Kuan Yew sampai era Goh Chok Tong, sekarang presiden perusahaan dana investasi pemerintah GIC, BMUN-nya Singapura. Perusahaan itu mengelola dana yang fantastis sampai Rp 3.916 triliun, dengan dana kelola sebanyak itu dan menjabat sebagai pimpinan tertinggi bisa dibayangkan berapa gaji Beliau per bulannya. Tapi meski bisa naik mobil mewah plus sopir pribadi, Lim lebih milih naik angkutan umum mass rapid transit (MRT). Lagi pula mobilnya hanya Volvo S60 yang kalau dibandingkan dengan mitra bisnisnya.

Dia juga dikenal tidak pernah meminta sekretarisnya jika punya kepentingan surat menyurat urusan pribadi. Dia seringkali melakukan perjalanan tahunan luar negeri untuk meninjau markas GIC di berbagai negara sejak 2007. Berkunjung dari Singapura ke San Fransisco, New York, London kembali lagi ke Singapura. Lalu berkeliling Asia dari Singapura, Mumbai, Tokyo, Seoul, Beijing, Shanghai kembali ke Singapura. Dalam perjalanan itu, dia tidak pernah memesan kamar hotel. Pria berusia 67 tahun itu tidur di pesawat dan menolak limousin perusahaan dengan memilih transportasi publik. Dia hanya membawa tas kecil. Terkadang mandi di kantor GIC yang dikunjungi. Kantor London seringkali menyediakan handuk untuknya.

Dia juga dikenal sebagai pribadi yang keras tetapi juga mudah mengakrabi siapapun anak buahnya. Sebelum pada posisinya sekarang, dia bekerja di pemerintahan Singapura selama 37 tahun. Dia mengaku, betah bekerja selama hampir 4 dekade karena menganggap pekerjaan sebagai kegembiraan. “Apa yang saya rasakan sangat menarik adalah berpikir tentang masa depan. Menentukan strateginya,” ujarnya.

Semoga masih ada pejabat-pejabat yang berpengaruh di Indonesia memiliki jiwa sederhana yang di perlihatkan Lim Siong Guan.
Sumber: www.dream.co.id